Winarti: Sehat keluargaku, Sehat Tulang Bawangku, Sehat Indonesiaku

TULANGBAWANG – Tahun 2017 ini, bertepatan dengan peringatan HKN ke-53 Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang (Tuba) melalui Dinas Kesehatan setempat mengangkat tema “Sehat keluargaku, Sehat Tulang Bawangku, Sehat Indonesiaku” dengan memprogramkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk bangsa Indonesia yang kuat.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Tulang Bawang, Winarti yang didampingi oleh Kadis Kesehatan dr. Herry Novrizal kepada wartawan dalam rangka persiapan menyambut peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 ini yang akan dilaksanakan di Kampung Moris Jaya, Kecamatan Banjar Agung pada 28 Desember 2017, Tulang Bawang, Selasa (19/12) mendatang, belum lama ini.

lebih lanjut dikatakan Hernov, Hari Kesehatan Nasional diperingati dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya menjaga kesehatan. Tema yang diangkat tiap tahun pun berbeda-beda.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang dr. Herry Novrizal MM, tema ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

“Melalui dua program ini, Pemkab Tulangbawang berharap dapat membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, demi menciptakan masyarakat yang produktif yang dapat berperan aktif dalam pembangunan.

Pada peringatan ini juga diharapkan menjadi momentum bagi seluruh insan kesehatan untuk merefleksi kembali sejauh mana keberhasilan upaya kesehatan yang sudah dilaksanakan baik promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, hal ini sejalan dengan visi dan misi Bupati Tulangbawang Hj. Winarti, SE, MH dan Wakil Bupati Hendriwansyah yang baru saja dilantik.

Peringatan HKN ke-53 ini dilaksanakan melalui berbagai rangkaian kegiatan, diantaranya bhakti sosial yang dilaksanakan di setiap kecamatan, lomba kebersihan Puskesmas,  lomba booth promosi kesehatan puskesmas, lomba senam BMW (Begerak Melayani Warga) ciptaan Ibu Bupati Tulangbawang, lomba foto bertemakan kesehatan.

Kemudian juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada kepala kampung yang menganggarkan pembangunan bidang kesehatan terbesar melalui dana desa dan ADD,  peresmian Puskesmas Paduan Rajawali kecamatan Meraksa Aji,  kampanye Germas, kampanye Gasibu (Gerakan Kasih Ibu) dan pemberian doorprize bagi peserta senam BMW.

“Pada peringatan HKN 2017 ini juga diadakan layanan kesehatan bersifat promotif dan preventif secara gratis. Juga akan ada acara senam BMW yang diikuti secara massal. Senam BMW ini adalah ciptaan Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti,  SE, MH dengan filosofi ajakan untuk bergerak melayani warga masyarakat yang membutuhkan pelayanan publik yang prima di segala bidang,” jelas dr. Hernov.

Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang juga mengajak masyarakat untuk sama-sama mensukseskan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga mulai dari diri sendiri dan lingkungan keluarga, agar Sehat Keluargaku, Sehat Tulangbawangku dan Sehat Indonesiaku. (*)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan