Wakil Kepala Daerah Bukan Ban Serep

KOTA METRO – Wakil kepala daerah bukan ‘Ban Serep’ karena memiliki hak, tugas dan fungsi yang dijamin undang-undang. Harus dihargai karena tidak ada bedanya dengan gubernur, wali kota maupun bupati.

Hal diatas tersebut diutarakan  Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri saat kunjungan kerja (Kunker) di Kota Metro, Selasa (30/1). 

Dijelaskanya, sesuai UU, tugas wagub ada delapan, sementara tugas wabup maupun walkot ada tujuh. Salah satunya, menindaklanjuti hasil pemeriksaan BPK, opini WTP, mengkoordinasikan dengan institusi vertikal baik itu polres, kejaksaan. Kemudian memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan. 

“Saya kritisi tadi sambutan wakil wali kota. Karena tadi harusnya langsung wakil wali kota bukan wali kota. Karena haknya sama, Itu tugas wakil. Kalau Wagub itu memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerin sedangkan walkot/wabup memantau dan mengevaluasi pemerintahan di tingkat camat dan lurah. Saya tidak mau nanti ketika wakil turun ke camat tapi camatnya tidak nganggep. wabup/walkot itu bukan ban serep,” tegas Bachtiar.

Lebih lanjut Bachtiar juga mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) harus netral. Sebab, dalam PP sudah jelas diatur ASN tidak boleh memihak pada salah satu calon. 

“Kalau menang pilkada harus menggunakan cara yang santun. Jangan gunakan ASN. Kalau mau menang pilkada itu taat terhadap aturan. Netralitas ASN itu harus. Soal pilihan itu masing-masing, tetapi jangan sampai berorasi di depan publik. Jadi saya ke sini bukan itu kampanye, tetapi untuk mengingatkan ASN untuk netral,” paparnya. 

Dalam kunker ini, Wagub juga melakukan operasi pasar di Pasar Kopindo. Operasi pasar ini, merupakan upaya pemerintah untuk menjaga stabilitas harga beras dan mengatasi kelangkaan beras.  

Kunker tersebut, juga untuk membangun sinergi yang baik antara Pemprov Lampung dan Pemkot Metro. Jika sinergi terjalin dengan baik maka pembangunan di Lampung akan lebih baik. (Adv/ Ist) 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan