Siswa SMKN 2 Tebas Siap Bersaing Di Dunia Industri

TERBANGGI BESAR – SMK Negeri 2 Terbanggibesar (Tebas), kabupaten Lampung Tengah menyiapkan siswanya menjadi tenaga siap kerja di dunia industri yang juga mampu juga menciptakan industri baru yang siap diterima pasar.

Diungkapkan Kepala SMKN 2 Terbanggibesar, Yos Devera, SMKN 2 Terbanggibesar bekerja sama dengan pihak swasta, di antaranya CV Java Great Techindo untuk menciptakan mesin pencacah portabel itu.

“Rencana awal dana bantuan sebesar Rp250 juta akan dibelikan peralatan desain dan untuk bahan baku 10 unit mesin. Sesuai kondisi lapangan, mesin pencacah akan digerakkan dengan listrik dan motor berbahan bakar,” kata Yos seperti yang dilansir lampost.co belum lama ini.

Lebih lanjut dikatakannya, berharap mesin pencacah ini bisa membantu dan menjadi solusi bagi petani dan industri kecil. Menurutnya, paradigma lulusan SMK siap kerja itu benar, tapi harus diimbangi dengan keahlian menciptakan industri baru.

“Lulusan SMK harus bisa menularkan keahliannya pada masyarakat, dan itu salah satu tujuan kami. Selain itu, siswa SMK harus jeli melihat keunggulan dan kearifan lokal daerah,” kata Yos Devera diruang kerjanya.

SMKN 2 Terbangbibesar terpilih dari 100 sekolah yang mendapat bantuan Kementerian Pendidikan melalui Direktorat Jenderal Pembinaan SMK. Pengajuan proposal melalui online dan dinilai Dirjen Pembinaan SMK yang memutuskan pengajuan proposal.

Untuk SMKN di Lampung terpilih empat sekolah, di antaranya SMKN 2 Terbanggibesar Lamteng, SMKN 1 Way Tebu Lambar, SMKN 1 Banjit Way Kanan, dan SMKN 4 Bandar Lampung.

Menurut Yos, melihat komoditas terbesar Lamteng berupa pertanian dan kebutuhan industri kecil akan bahan pokok, desain mesin pencacah portabel. Ditambah lagi keadaan wilayah Lamteng yang mengharuskan mencacah di lokasi.

“Kami melihat banyak industri kecil seperti pembuatan jamur dan pupuk organik membutuhkan media yang harus dicacah sebagai media. Mesin pencacah ini bisa untuk tanaman jagung, singkong, dan sebagainya,” ujarnya. n(Adv/ Ist)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan