Sejumlah Pasar Bandar Lampung di Sidak

BANDAR LAMPUNG — Pemprov Lampung bersama satuan kerja atau instansi vertikal lainnya yang tergabung dalam Tim Koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) Provinsi Lampung melaksanakan pemantauan dan pengawasan atau Inspeksi mendadak (sidak) Keamanan Pangan di sejumlah pasar yang ada di Bandar Lampung, siang (7/06/2018) tadi.

Lokasi pasar yang di Sidak diantaranya, Pasar Bambu Kuning, Pasar Bawah dan Gerai Makanan Ramayana Departement Store.

Seperti disampaikan Kadis Ketahanan Pangan Pemprov Lampung, Ir.  Kusnardi,  M. Agr. Ec.,  saat memimpin Sidak JKPD mengatakan, Sidak Bersama kali ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi Lampung bersama instansi vertikal terkait lainnya dalam memantau dan mengawasi keamanan pangan.

“Terlebih dalam suasana perayaan hari keagamaan, seperti Ramadhan dan Hari Raya Idul fitri, tentunya memberi rasa aman dalam mengkonsumsi makanan merupakan bagian tugas pemerintah,” katanya.

Selanjutnya menurut Kusnardi,  bahwa sidak bersama kali ini tergabung pula instansi lain,  seperti Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BB POM) yang memantau dan mengawasi makanan olahan,  Kemenag terkait kehalalan suatu produk pangan,  UPT Dinas Kelautan dan Perikanan terkait keamanan pangan ikan dan olahan ikan,  Dinas Perdagangan terkait legalitas proses distribusi barang, dan instansi terkait lainnya dengan peran yang terfokus pada keamanan pangan. 

Sementara Kepala bidang keamanan pangan Ir. Ockovia Hadist, juga menyampaikan hasil uji cepat (rapid test). Untuk Pasar Bambu Kuning dilakukan uji formalin terhadap buah buahan yaitu: Anggur merah, Klengkeng, Apel fuji, dan Jeruk jawa. semuanya negatif tidak mengandung formalin.

“Selain itu, untuk lokasi Pasar Bawah dilakukan uji residu pestisida terhadap cabe merah, Tomat, serta buncis Semua negatif mengandung pestisida,” imbuhnya.

Lebih jauh Ockovia menambahkan, untuk lokasi Gerai Makanan pada Ramayana Deptartemen Store Tanjung Karang dilakukan uji formalin terhadap, anggur hitam dan pear xiang lie.

“Untuk anggur hasil uji menunjukkan positif dan Untuk Pear Xiang Lie negatif formalin, pungkasnya.

(Tim JKPD Lpg/ Diskominfotik Lpg)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan