SDN 1 Gunung Sugih Selenggarakan Drum Band ‘KECE”

GUNUNG SUGIH – Puluhan siswa SD Negeri Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah melakukan latihan sebagai petugas Marching Band dengan baris berbaris mengelilingi seputaran wilayah Gunung Sugih.

Kegiatan ini merupakan salah satu ekstrakurikuler favorit SDN 1 Gunung Sugih yang kami beri nama “Drum Band Kece,” katakan Kepala SDN 1 Gunung Sugih, Hazalinda, S.Pd saat diwawancarai Gunung Sugih Post disela-sela kegiatannya, belum lama ini.

Lebih lanjut diakatakan Hazalinda, aktif di kegiatan marching band ini dapat menggali bakat dan minat para siswa-siswi terhadap seni baris berbaris, musik dan hal yang tidak kalah penting membuat seseorang menjadi lebih disiplin dan menggali bakat dan minatnya terhadap seni, dan budaya Indonesia.

Karakteristik unik dari setiap daerah ini, termasuk didalamnya kebudayaan dan kesenian tradisional, dapat menjadi tema musical yang menarik untuk dipadukan ke dalam musik dalam marching band. Baik musik, gerak tari dan budaya Indonesia dapat menjadi sumber inspirasi.

“Aktif di ekstrakurikuler ini tentunya juga menambah nasionalisme. Dan prestasi dari hasil kerja keras yang cukup menyita waktu dan fisik menjadi bekal untuk mencapai hal positif lainnya di masa depan,” katanya.
Ia pun menargetkan Ekskul Drum Band Kece SD Negeri 1 Gunung Sugih kedepan dapat menjadi kebanggaan Lampung Tengah dengan banyak meraih prestasi.

Hazalinda menambahkan, Kegiatan marching band ini juga berfungsi sebagai penyaluran agretivitas dan emosi remaja secara positif. Menjembatani kekurangan pendidikan musik pada pendidikan formal di sekolah.

Marching Band juga, sambungnya, berkaitan erat dengan seni tari kontemporer dan tradisional. Fungsi Sosial, kontribusi lain adalah bahwa Mmarching band dapat meningkatkan kemampuan sosial dan individual seseorang.

Bahwa remaja yang aktif dalam kegiatan marching band dapat meningkatkan kemampuan sosial kemasyarakatan dan berorganisasi, misalnya ia yang awalnya penyendiri kini bahkan bisa menjadi pemimpin dengan menjadi ketua marching band, jelas Hazalinda.   ®Edo

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan