Saung Ronda Adalah Produk Unggulan Lamteng

Saung Ronda Adalah Produk Unggulan Lamteng

TERBANGGI BESAR, Tipiikornewsonline – Lampung Tengah memiliki banyak produk unggulan dan salah satu permasalahan mereka adalah pemasaran. Oleh karena itu rancangan atau formulasi dibuat bagaimana agar masalah tersebut terselesaikan. Sehingga potensi masyarakat tergali, aspirasi dan keluhan warga terserap.

Hal itu diungkapkan Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa saat meresmikan Saung Ronda di jalur lintas Sumatera, Kelurahan Yukumjaya, Kecamatan Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Rabu, 12/4/2017.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, Saung Ronda ini merupakan hasil perjalanannya selama ini ronda. Dari itu, dapat diketahui banyak potensi UKM yang perlu dikembangkan secara luas. Sebanyak 25 produk unggulan asal Lampung Tengah diperkenalkan dan dipamerkan di saung tersebut.

Selain berasal dari perjalanan ronda, Mustafa menjelaskan, dinamakan Saung Ronda karena ronda adalah identitas yang melekat dari Lampung Tengah. Gaungnya, kata dia, harus dikenalkan secara luas bahkan nasional.

Bupati Lampung Tengah DR. Ir. Mustafa saat meresmikan Saung Ronda di jalur lintas Sumatera, Kelurahan Yukumjaya, Kecamatan Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Rabu, 12/4/2017.

“Ada banyak sekali yang telah diproduksi, ada kopi ronda, roti singkong, beras tiwul, pizza singkong, beras sehatku, beras singkong, dan jajanan-jajanan ringan yang merupakan produk masyarakat dan UKM Lampung Tengah. Launching ini adalah simpul yang targetnya bisa dikembangkan di seluruh kampung untuk menunjang wisata ronda di Lampung Tengah,” papar bupati ronda ini.

Menggandeng PT. GGPC atau Umas Jaya untuk proses packaging (pengemasan), seluruh produk di Saung Ronda ini telah dibuat menarik dan memenuhi standar. Tak hanya dipasarkan melalui Saung Ronda, produk-produk tersebut juga akan dipasarkan ke tiga perusahaan ritel besar di Indonesia yakni Indomart, Alfamart dan Indomarco.

Dengan pemasaran yang luas diharapkan akan semakin meningkatkan produktivitas dan industri-induatri kecil di Lampung Tengah dapat tumbuh dengan baik.

“Dalam jangka panjang diharapkan dapat menyerap tenaga kerja yang luas dan kesejahteraan masyarakat kita meningkat. Secara ekonomi kita bisa lebih mandiri,” harapnya.

Berdirinya Saung Ronda melibatkan 4 satuan kerja sebagai leading sektor, yakni, Perhiptani, Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura, Dinas Perkebunan dan Dinas Peternakan. Seluruh produk merupakan produk asli Lampug Tengah yang diinovasikan dengan teknologi modern. (Adv)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan