Petani Kopi Lambar Harapkan Kehadiran Presiden Jokowi

Istimewa

LAMPUNG BARAT — Bupati Hi. Parosil Mabsus bersama Ketua DPRD Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Edi Novial, S.Kom mendukung keinginan para petani kopi yang mengharapkan kehadiran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Festival Kopi 21-23 Juli mendatang.

Untuk mewujudkan harapan besar petani kopi ini, Parosil dan Edi Novial berkunjung ke Istana Kepresidenan  RI di Jakarta, untuk silaturahmi dan memastikan Bapak Presiden dapat hadir pada festival  kopi yang akan diselenggarakan Pemkab Lambar, di Kampung Rigis Jaya Kecamatan Air Hitam Juli 2018 nantinya.

Menurut keterangan Kabag Humas Pemkab Lambar, Surahman mengatakan, tujuan kunjungan Bupati dan ketua DPRD ke Istana Kepresidenan tersebut, tujuannya untuk menunjukkan keseriusan Pemkab dan petani kopi yang menginginkan presiden Jokowi  hadir dalam festival tersebut.

“Tentunya Bupati serta jajaran pemkab sangat berharap kedatangan Presiden kita, jika beliau hadir nanti pada festival kopi ini merupakan kehormatan dan suatu tujuan bupati dan ketua DPRD saat berkunjung,” kata nya.

Lebih lanjut disampaikan Surahman, Bupati dan Ketua DPRD juga mengatakan, inovasi Dinas Perkebunan dan Peternakan merupakan program yang sangat brilian, maka dirinya mendukung seluruh program yang organisasi perangkat daerah (OPD), apalagi 70 persen warga Lambar merupakan petani kopi.

“Warga Lambar 70 persen petani kopi, jadi program pengembangan petani kopi melalui festival kopi, saya dukung, termasuk menghadirkan Presiden,” imbuhnya, Selasa (15/5).

Kata Bupati Parosil, Pemkab berharap Festival Kopi, peresmian Kampung Kopi dan peletakan batu pertama sekolah kopi dihadiri langsung oleh RI 1, dengan demikian pihaknya sudah melakukan berbagai langkah, termasuk komunikasi dengan anggota DPR RI, Staf Kepresidenan dan dalam waktu dekat akan komunikasi dengan gubernur Lampung untuk meminta dukungan.

“Saya secara langsung sudah komunikasi dengan berbagai pihak, untuk mendatangkan presiden, dan dalam waktu dekat saya akan menemui gubernur untuk meminta dukungan mendatangkan RI 1 tersebut,” ujar Parosil.

Lebih jauh disampaikannya, berdasarkan hasil komunikasi dengan berbagai pihak dirinya optimis pagelaran Fesitival nanti, orang nomor satu di Indonesia akan hadir.

Sementara Kadis Perkebunan dan Peternakan Lambar, Tri Umaryani, mengaku pihaknya sudah melakukan berbagai upaya untuk menghadirkan Presiden pada Festival Kopi nanti, termasuk bertemu dengan Deputi II staf khusus kepresidenan, Dirjend Perkebunan Kementerian Pertanian.

“Upaya kami untuk menghadirkan Pak Presiden pada Festival Kopi, selain berkomunikasi secara lisan, juga sudah menyampaikan surat permohonan resmi dari pak bupati,” kata Tri Umaryani,

Dijelaskan Tri Umaryani, pada Festival Kopi, akan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti, seminar Kopi, coffee bazaar, launching Kampoeng Kopi, panen raya, Barista Competion, lomba melukis dari ampas kopi dan klinik kopi.

Ia menjelaskan, Lampung merupakan penyumbang terbesar ekspor Kopi secara nasional dan Lambar merupakan penyumbang terbesar di Lampung.

“Secara nasional eksport kopi, Lampung penyumbang terbesar, dan sebagian dihasilkan petani kopi kopi Lambar,” jelasnya.

Terkait kesiapan festival kopi  pada 21-23 Juli mendatang, akan dilaksanakan beberapa konten yaitu seminar, seremoni, dan bazar kopi yang akan dilaksanakan di KRL. Dan puncak acara adalah panen raya kopi, yang nanti pada puncak acara ini jika memungkin akan menghadirkan pejabat penting seperti menteri, presiden maupun pejabat penting lainnya di Pekon Rigis Jaya,” kata Surahman. (*)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan