Peningkatan Upaya Promkes Masyarakat Puskesmas

 

Ketua TP PKK Lamteng Hj. Nessy Kalvia foto bersama dengan unsur dinas kesehatan di klinik tes IVA Kampung Wates, belum lama ini. Foto: Istimewa

GUNUNG SUGIH – Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan masyarakat merupakan sarana kesehatan yang sangat penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Untuk itu peranan puskemas hendaknya tidak lagi menjadi sarana pelayanan pengobatan dan rehabiliatif saja tetapi juga lebih ditingkatkan pada upaya promotif dan preventif.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Kesmas dinas kesehatan Lampung Tengah, Ratoyo, SKM saat dikonfirmasi tipikornewsonline.com diruang kerjanya baru- baru ini.

Oleh karena itu, lanjut Ratoyo,  menurutnya promosi kesehatan (promkes) menjadi salah satu upaya wajib di puskesmas.

“Promosi kesehatan di puskesmas merupakan upaya puskesmas dalam memberdayakan pengunjung dan masyarakat baik didalam maupun di luar puskesmas agar berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mengenali masalah kesehatan mencegah dan menanggulanginya,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Ratoyo, Dengan promosi kesehatan juga menjadikan lingkungan puskesmas lebih aman, nyaman, bersih dan sehat dalam mendukung perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Promosi kesehatan dipuskesmas merupakan tanggung jawab bersama antara petugas, pengunjung maupun masyarakat.

“Petugas puskesmas diharapkan menjadi teladan perilaku sehat dimasyarakat dan melahirkan gerakan pemberdayaan masyarakat,” kata Ratoyo.

Ditambahkannya, Sedang para pengunjung puskesmas yaitu para pasien dan keluarganya dapat menerapkan perilaku sehat juga aktif menjadi penggerak atau kader kesehatan dimasyarakat.

“Upaya dimaksud juga menjadi tangung jawab pemerintah kabupaten/kota beserta jajaran sektor terkait untuk memfasilitasi puskesmas agar dapat melaksanakan promosi kesehatan di puskesmas,” tutup Ratoyo. (Adv/ Ist)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan