Pengadaan Megatron DPRD Jabar, Adakah Mark Up???

Ilustrasi

JAKARTA – Saat ini, tepatnya dari tanggal 31 Agustus sampai 07 September 2017, sekretariat DPRD Jawa Barat sedang melakukan penandatanganan kontrak dengan perusahaan pemenang lelang “pengadaan Megatron”. Perusahaan tersebut adalah CV. Kurnia yang beralamat di jalan Indrajaya I Blok B No.34 RT.002/009, Kelurahan Cisaranten Kulon, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung.

Untuk diketahui, di dalam lelang pengadaan megatron ini dinilai banyak kejanggalan. Salah satu kejanggalan ditemukan dari sisi harga penawaran yang diajukan oleh CV. Kurnia, sangat mahal. Sebagian public mengatakan, mahalnya setinggi langit, sehingga berpotensi ditemukan kerugian negara, bisa sampai sebesar Rp421.900.800.

Dikutip Klikanggaran.com (2/9/2017), munculnya potensi kerugian negara sebesar Rp 421,9 juta ini berasal dari pihak panitia lelang, yang memilih pemenang dari perserta lelang, yang mengajukan harga tinggi dan mahal. Sedangkan perusahaan yang mengajukan harga rendah dan murah, seperti permasalahan pada lelang-lelang di institusi lain, dikalahkan begitu saja.

Berdasarkan laporan yang diterima Klikanggaran.com, CV. Kurnia ini sebetulnya dinilai tidak layak menjadi pemenang lelang. Dari perusahaan, para peserta yang ikut lelang “pengadaan Megatron” yang berjumlah 88 perusahaan, CV. Kurnia seharusnya tidak layak menjadi pemenang lelang. Karena perusahaan tersebut dalam proses melakukan pengajuan harga penawaran, bukan pada posisi nomor satu. Tapi, CV. Kurnia menempati posisi No.7.

Jadi, dipilihnya pemenang lelang dari perusahaan yang mengajukan penawaran harga mahal ini, patut dicurigai, dan diselidik oleh aparat hukum. Karena berpotensi ada dugaan mark up dari yang memilih perusahaan yang mengajukan harga mahal. Dan, penyidikan oleh aparat hukum dibutuhkan segera, agar bisa mengungkap alasan apa, sehingga Sektetariat DPRD Jawa Barat mau membeli megatron dengan harga yang paling mahal.

Untuk diketahui publik, proyek Megatron Sekretariat DPRD Jawa Barat, atau biasa disebut media reklame modern, adalah sebuah Billboard yang sudah menampilkan tampilan elektronik berupa gambar-gambar bergerak. (Istimewa)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan