Pemkab Lambar Lakukan Pembinaan Peratin

LIWA – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas PMP mengelar acara pengarahan Peratin dan LHP di Aula RSUD Alimuddin Umar, Rabu (03/18). Acara tersebut juga dihadiri oleh Pj. Setdakab Lampung Barat Akmal Abdul Nasir S.H, Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Adi Utama, Kepala Dinas PMP Drs. Nukman ,M.M,.

Dalam sambutan Bupati Lambar Parosil Mabsus menyampaikan bahwa secara khusus tentunya pelaksanaan pengarahan ini merupakan bentuk “Pembinaan” langsung terhadap penyelenggaraan pemerintahan pekon, dan bagi peratin bahwa kehadirannya di dalam mengikuti pengarahan ini adalah wujud konkrit di dalam melaksanakan tanggungjawabnya memimpin penyelenggaraan pemerintahan pekon berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Penyelenggaraan pemerintahan pekon merupakan bagian penting yang tidak terpisahkan dari penyelenggaraan pemerintahan daerah. peratin sebagai salah satu unsur penyelenggara pemerintahan pekon merupakan unit terdepan atau ujung tombak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga menjadi faktor penentu keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah.

Penyelenggaraan pemerintahan pekon merupakan sub sistem dari sistem penyelenggaraan pemerintahan daerah. oleh karena itu peratin mempunyai kedudukan yang strategis selaku pemimpin penyelenggaraan pemerintahan pekon, pelaksanaan pembangunan pekon, pembinaan kemasyarakatan pekon, dan pemberdayaan masyarakat pekon.

Melalui kesempatan ini, Bupati mengingatkan kepada peratin terpilih agar selalu terbuka terkait dengan pengelolaan keuangan pekon, dimana setiap peratin agar berhati-hati dalam perencanaan anggaran, penggunaan anggaran, sampai dengan pelaporan anggaran dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pergunakanlah anggaran yang ada sesuai dengan kebutuhan masyarakat, serta selalu melibatkan setiap unsur masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan pekon sehingga tercipta hubungan yang baik dan saling memberi masukan antara peratin dan masyarakat.

“Mari kita saling bersinergi untuk menciptakan kemajuan guna mewujudkan harapan kita bersama akan hadirnya pekon hebat dalam 5 (lima) tahun yang akan datang. Dengan adanya 4 (empat) prioritas pembangunan pekon pemerintah pusat serta 7 (pitu) prioritas pemerintah kabupaten lampung barat harus bersinergi dengan pembangunan yang dikelola oleh pemerintah pekonuntuk mewujudkan masyarakat lampung barat hebat dan sejahtera,” kata Parosil. (*)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan