Partinia Parosil: Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya

LAMPUNG BARAT – Untuk senantiasa mengingatkan seluruh rakyat indonesia terutama generasi muda, akan makna hari ibu sebagai hari kebangkitan dan persatuan dan kesatuan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa, “Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya.”

Untuk itu perlu diwarisi semangat juang guna senantiasa mempertebal tekad untuk melajutkan perjuangan nasional menuju terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar tahun 1945.

Hal tersebut disampaikan Ketua TP PKK Kabuapaten Lampung Barat, Partinia Parosil dalam sambutannya saat Puncak Peringatan Hari Ibu Ke 89, HUT Dharma Wanita ke 18, Dan HUT GOW ke 14 dan sekaligus Pelantikan Pengurus Tim Penggerak PKK Tingkat Kabupaten Lampung Barat Tahun 2017, di Kantor Bupati setempat, Rabu 20 Desember 2017.

Lebih lanjut dikatakan Partinia, hal di atas menggambarkan harapan besar kepada kaum perempuan untuk ikut aktif dalam setiap gerak pembangunan.  Untuk itu, dalam kesempatan yang baik ini saya ingin mengajak seluruh kaum ibu dan kaum perempuan di Lambar  untuk sama-sama mendukung berbagai program pembangunan kabupaten tercinta ini dengan terlibat aktif dalam setiap program pembangunan.

Mengapa demikian, karena peran ibu sangat sentral. yang ingin saya soroti disini adalah peran ibu dalam pembangunan sumber daya manusia.  ini sering terabaikan, seolah-olah pendidikan hanya di sekolah saja. padahal pembentukan karakter bangsa di mulai dari pendidikan keluarga. salah satu upaya pengurangan kemiskinan menurut saya salah satunya adalah melalui pendidikan yang baik.  pendidikan disini saya artikan secara luas.  bukan sebatas pendidikan disekolah saja.

Selanjutnya Bangsa yang kuat beranjak dari keluarga yang sehat secara lahir dan batin. ”Disinilah kaum ibu sangat berperan. apabila seorang ibu memiliki kepribadian agung dan tingkat ketaqwaan yang tinggi, maka kesan pertama yang masuk ke dalam benak anak adalah kesan yang baik. kesan yang baik ini akan menjadi landasan yang kokoh bagi perkembangan kepribadian anak ke arah ideal yang diinginkan.  disamping itu, anak sendiri membutuhkan figur contoh dalam mewujudkan nilai-nilai yang ditanamkan kepadanya selama proses belajar di masa kanak-kanak”, Ujarnya.

Para pakar pendidikan mengajarkan bahwa keteladanan adalah media pendidikan yang paling efektif dan berpengaruh dalam menyampaikan tata nilai kehidupan.   dalam hal ini ibulah orang yang paling tepat untuk berperan sebagai contoh pertama bagi anak.” Ibulah yang paling besar peranannya dalam memberi warna pada pembentukan kepribadian anak, sehingga dibutuhkan ibu yang berkualitas yang akan mampu mendidik anaknya dengan baik.   bila hal ini didukung oleh pendidikan di sekolah yang berkualitas tentu lampung barat akan mempunyai generasi emas yang akan membawa kabupaten ini menuju kejayaan”, ujarnya.

Sementara itu dalam sambutanya Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus menyampaikan, peringatan ini akan menjadi momentum berharga untuk mengkaji dan merenungkan kembali akan keberadaan, posisi  dan peran kaum ibu dalam dinamika pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Lampung Barat ini.

Peringatan hari ibu ke-89 menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan telah meretas jalan panjang dalam mewujudkan peranan dan kedudukan perempuan dalam kehidupan berbangsa, bernegara dalam rangka menuju kemerdekaan indonesia yang aman, tentram, dan damai serta adil dan makmur.  disamping itu peringatan ini merupakan refleksi sejarah dan gerak langkah kaum ibu dan kaum perempuan indonesia sejak 89 tahun silam, untuk menjadikannya sebagai wahana intropeksi diri, melihat kebelakang sejauhmana perjuangan, tugas dan pengabdian yang telah kita lakukan.

Dalam sejarahnya peringatan hari ibu didasarkan pada munculnya kesadaran hidup berbangsa dengan nilai utama persatuan dan kesatuan serta upaya kaum perempuan meningkatkan derajat kehidupan bangsa di tengah kungkungan alam penjajahan.

Dengan demikian keberadaan kaum perempuan, bukan sesuatu yang harus dipertanyakan lagi, sebab selain posisi strategisnya sebagai pendamping suami, kaum perempuan atau kaum ibu, juga memiliki tanggungjawab dalam membina dan membangun masyarakat.

Fungsi ibu dalam keluarga adalah sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak-anaknya.  hal ini sesuai dengan pesan penting ajaran berbagai agama dan hasil kajian ilmiah yang menempatkan seorang ibu dalam keluarga adalah sebagai pendidik.   artinya, proses penanaman nilai-nilai hidup dan pembentukan karakter anak, yang kelak akan melesat mengisi masa depan, sangat bergantung pada fungsi dan peran seorang ibu.

“Melalui hari ibu ke-89 tahun 2017 ini saya menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada kaum ibu dari Pekon Tambak Jaya Kecamatan Way Tenong Yang Sudah Berhasil Memenangkan Juara 1 Pada Lomba Gerakan Sayang Ibu (GSI) Tingkat Propinsi Lampung. semoga keberhasilan kaum ibu dari Pekon Tambak Jaya Kecamatan Way Tenong ini dapat memotivasi kaum ibu lainnya untuk melakukan yang terbaik demi kemajuan kaum ibu di Kabupaten Lampung Barat yang kita cintai ini.

Selanjutnya kepada pengurus tim penggerak PKK Kabupaten yang baru hari ini dilantik, saya ucapkan selamat.”Hharapan saya, apa yang sudah dilakukan pengurus terdahulu untuk ditingkatkan dengan program yang nyata. selain itu juga dengan melakukan evaluasi agar berbagai kekurangan menjadi pelajaran untuk menjadi lebih baik lagi, karena tantangan pkk ke depan akan semakin berat dalam upaya mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan kaum perempuan di lampung barat ini”, Tutupnya.

Pada acara tersebut sekaligus pelatikan Pengurus TP PKK Kabupaten dan juga penyerahan hadiah pemenang lomba SGSI Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017  yaitu Kategori Satgas SGI  pemenang pertama Kecamatan Way Tenong, kedua kecamatan Sumber Jaya, dan ke 3 kecamatan Suoh.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan paket santunan Lansia dalam rangka hari Ibu ke 89 tingkat kabupaten Lambar, dan pemberian hadiah dan penghargaan dalam rangka Hari Ibu ke 89 yaitu pemberian Beasiswa tingkat sekolah SD, SMP, dan SMA  dan pemberian pemenang lomba Karya tulis Tingkat Nasional yang diselnggarakan oleh DWP Pusat  mendapatkan juara 3 atas nama Nadia dari SMP 3 serta dilanjutkan pemberian Bunga oleh Bapak Bupati Lambar Parosil Mabsus kepada ibu Ketua TP PKK Kabuapaten Ny. Partinia, S.Pd,. M.M., kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua TP PKK Lambar.

Acara yang di  hadiri oleh Bupati Lambar Parosil Mabsus, Pj. Sekdakab Lambar Akmal Abdul Nasir SH, Kerari Liwa, Dandim 0422 Lambar, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD Lambar dan camat serta organisasi wanita se-Lambar. (Hms Lambar)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan