Musim Hujan, Warga Diimbau Terapkan PHBS

Ilustrasi

LAMPUNG TENGAH, Tipikornewsonline -Mengantisipasi berbagai penyakit saat musim hujan seperti pilek, batuk-batuk, diare dan lainnya, warga Lampung Tengah diimbau menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Perkuat daya tahan tubuh, istirahat dan makan yang cukup, jangan terkena air hujan,” imbuh Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah, Khairul, S.Kep. M.Kep yang didampingi Kasi Promkes, Ratoyo, diruang kerjanya, baru-baru ini.

Selain itu, sambungnya, menyikapi cuaca saat ini yang masih belum menentu, kadang hujan diselingi panas, warga juga diminta tetap mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD).

“Cuaca yang masih sering hujan diselingi panas menyebabkan nyamuk penyebab demam berdarah (aedes aegypti) mudah berkembangbiak. Untuk itu, warga jangan lengah, tetap laksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di rumah dan lingkungan masing masing,” imbau Ratoyo.

Selain itu, untuk mengantisipasi serangan nyamuk aedes aegypti, pihaknya tengah menyosialisasikan obat nyamuk oles (lotion) kepada masyarakat.

“Kita berupaya maksimal menekan kasus DBD. Selain PSN yang telah dilakukan dua kali dalam seminggu, kita akan mencoba lotion untuk antisipasi gigitan nyamuk demam berdarah kepada warga,” jelasnya. (Nov)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan