Mulai dari anggaran pengadaan, Sewa dan Servis Randis diduga penyebab Kebocoran APBD Setdakab Mesuji

MESUJI – Berdasarkan informasi dan data yang berhasil dihimpun Tipikor News dari berbagai sumber, sejumlah paket pengadaan di setdakab mesuji pada APBD tahun anggaran 2019 ditemukan adanya indikasi mark up dan korupsi.

Salah satunya seperti pada realisasi paket pengadaan belanja 2 Unit kendaraan dinas (Randis) Minibus 2500 CC yang dianggarkan sebanyak Rp989.055.664, pihak Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Mesuji, Provinsi Lampung  terkesan hanya banyak buang-buang anggaran (Boros).

Menanggapi hal ini, Ketua LSM Lidik Pro Lampung, Kamhar Edi Purnomo mengatakan, oknum pejabat di Setdakab Mesuji ini terkesan sangat nampak ingin mencari keuntungan yang sebesar-besarnya dari hasil korupsi anggaran disejumlah paket proyek, salah satunya pada paket pengadaan 2 unit Randis pada APBD 2019 yang diduga sebelumnya anggaran telah di mark up.

“Tindakan oknum pejabat ini terkesan boros dan tidak sesuai aturan. Dengan anggaran Rp989 Juta, seharusnya jika pihak setdakab Mesuji tidak mengedepankan kepentingan dan keuntungan pribadi, dengan anggaran sebesar itu bisa membeli 3 unit mobil minibus,” jelas Ketua Lidik saat dihubungi Tipikornews Online, baru-baru ini.

Lebih lanjut dijelaskannya, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 32 /PMK.02/2018 Tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2019 yang berfungsi sebagai batas tertinggi, tentang Satuan Biaya Pengadaan Kendaraan Dinas (40 .1 )Kendaraan Dinas Pejabat jenis PICK UP Rp217.056.000 per unit, MINIBUS  Rp321.100.000 per unit dan DOUBLE GARDAN Rp472.230.000 per unit.

“Sehingga, akibat dari dugaan mark up dan korupsi anggaran pengadaan randis di Setdakab Mesuji Tahun anggaran 2019 lalu, diperkirakan oknum pejabat setempat diduga merugikan keuangan negara Rp346.855.664,” pungkasnya.

Bagaimana tanggapan Sekdakab Mesuji, Drs. Indra Kusuma Wijaya, MM selaku pengguna anggaran, baca selengkapnya edisi mendatang. (TIM)

Tinggalkan Balasan

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments