Kadiskes Lamteng Gerakkan Cegah Demam Berdarah

Kadiskes Lamteng, Hairul Azman, S.Kep., M.Kes

LAMPUNG TENGAH,  Tipikornewsonline – Jangan pernah anggap sepele genangan air di sekitar rumah. Soalnya, genangan air dapat menjadi awal penyebaran Aedes aegypti, nyamuk pembawa virus dengue penyebab demam berdarah atau DBD.

Sebagai informasi, nyamuk ini berkembang biak di air bersih dan jernih, bukan air kotor. Saat akan bertelur, nyamuk Aedes akan mencari genangan air bersih seperti di bak mandi, ember, kaleng bekas, ban bekas, kolam air dan tempat-tempat genangan air lainnya untuk meletakkan telurnya. Sehari kemudian, telur itu menetas menjadi jentik, lalu berubah jadi nyamuk dewasa pembawa virus dengue.

“Nah, untuk mencegah hal tersebut, wajib menghentikan perkembangbiakan nyamuk Aedes sejak bertelur dengan cara tidak membiarkan ada genangan air di rumah dan lingkungan sekitar Anda,” ujar Kadiskes Lamteng, Hairul Azman, S.Kep., M.Kes kepada Tipikornewsonline, belum lama ini.

Hairul menyatakan, pemberantasan itu dapat dilakukan dengan mempraktekkan 3 M yakni menguras atau membersihkan tempat penampungan air seperti bak mandi dan ember.“Menutup rapat penampungan air seperti drum dan toren air, dan mendaur ulang atau memanfaatkan kembali barang bekas yang dapat menjadi tempat nyamuk untuk berkembangbiak harus dilakukan secara rutin,” pungkasnya. (red)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan