Jurus Jitu Stepanus Wasito Wujudkan Siswa Nyaman Belajar di SMAN 1 Terbanggibesar

LAMPUNG TENGAH — Masa seleksi Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2018 tingkat SMA se-derajat serentak telah selesai dilaksanakan. Untuk menyambut para siswa baru, pihak SMA Negeri 1 Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah akan mewujudkan sekolah sebagai rumah kedua bagi semua warga sekolah yang nyaman.

Menurut Kepala SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Stepanus Wasito, M. Pd mengatakan, “Sekolah merupakan tempat yang setiap hari dikunjungi oleh guru dan siswa. Menjadikan sekolah sebagai rumah kedua adalah berupaya membuat suasana sekolah senyaman mungkin sehingga semua warga sekolah betah di sekolah dan menjalankan segala kewajiban dengan baik,” ujarnya.

Kepala SMAN 1 Terbanggi Besar Stepanus Wasito, M.Pd saat foto bersama dengan sejumlah siswa-siswi berprestasi. Foto: Istimewa

Dirinya menjelaskan, Sudah semestinya guru, siswa, dan warga sekolah lainnya menjadikan sekolah sebagai rumah kedua mereka. Dengan demikian setiap warga sekolah dapat memberikan perhatiannya secara penuh kepada sekolah sebagai wujud kepedulian dan rasa tanggungjawab yang besar terhadap pendidikan.

“Dengan dijadikannya sekolah sebagai rumah kedua bagi setiap warga sekolah, maka setiap warga sekolah akan merasa nyaman, aman, dan tenang ketika berada di sekolah,” kata Stepanus saat dihubungi tipikornewsonline.com, Senin (26/06/2018) kemarin.

Menurut pihaknya, bukan hal yang mustahil untuk mewujudkan Sekolah menjadi rumah kedua bagi guru dan siswa serta warga sekolah lainnya.

Untuk menciptakan hal tersebut, pihaknya akan lebih dahulu menyamankan diri berada di sekolah dan menciptakan suasana seperti di rumah bagi para siswa.

Stepanus Wasito, M.Pd bersama keluarga (Istri)

Dengan demikian, dapat dirumuskan metode seperti Sistem Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dibuat agar tidak monoton dan mengesalkan dan juga siswa bisa berinteraksi lebih aktif dengan temannya untuk menyelesaikan permasalahan dari setiap materi. Sementara setiap guru juga harus bisa menempatkan diri mereka sebagai orang tua siswa.

Kemudian, Stepanus menambahkan, Sekolah dapat menjembatani untuk mengembangkan dan menyalurkan minat bakat siswa melalui kegiatan baik itu dalam bidang ilmu pengetahuan, seni dan sastra, keterampilan, olahraga dan sebagainya.

“Dengan menyalurkan dan memfasilitasi kegiatan sesuai dengan minat dan bakat setiap siswa dibidangnya, akan mendorong semangat untuk mengekspresikan dan mengimprovisasi inovasi dari motivasi yang mereka dapatkan. Dengan demikian siswa akan merasa betah berada di sekolah,” jelasnya.

Salah ruang laboratorium B UNBK 2018 di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah.

Masih dikatakannya, Lingkungan sekolah yang bersih dan sehat juga membuat siswa nyaman berada di sekolah, dan keadaan lingkungan sosial di sekolah aman dan damai, serta yang terakhir adalah Sarana dan Prasarana sebagai Penunjang tingkat kenyamanan siswa di sekolah.

“Mulai dari fasilitas yang menunjang kegiatan belajar mengajar, toilet, tempat pembuangan sampah yang terpisah untuk organik dan anorganik, sarana ibadah, air, aula, lapangan dan sebagainya, ungkap Stepanus. (*)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan