Gubernur Ridho Bersama Najwa Shihab Canangkan Gerakan Lampung Membaca

BANDAR LAMPUNG – Gubernur M.Ridho Ficardo mengajak seluruh masyarakat Lampung menumbuhkan minat baca dengan cara membaca buku minimal 30 menit sehari. Menurut Gubernur Ridho, Gerakan Lampung Membaca merupakan salah satu upaya mewujudkan pembangunan sumber daya manusia Lampung yang cerdas dan berkualitas.

“Hakikat dari pembangunan indonesia adalah membangun manusia Indonesia seutuhnya, Gerakan Lampung membaca adalah salah satu investasi untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas pendidikan di Lampung.”

Hal tersebut disampaikan Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo saat pencanangan Gerakan Lampung Membaca yang dilakukan bersama Duta Baca Nasional Najwa Shihab dan ribuan siswa, anggota komunitas, dan masyarakat Lampung dihalaman kantor Gubernur Lampung, Bandar Lampung, kamis (28/09/2017).

Dalam kegiatan dengan format talk show tersebut, turut hadir pula sebagai narasumber yakni Kepala Perpustakaan Nasional RI M.Syarif Bando, Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedi Afrizal, dan pegiat literasi M.Hasan Ashari.

Gubernur Ridho juga mengatakan banyak pengetahuan yang bisa didapat diluar sekolah dengan Gerakan Lampung Membaca. “karena membaca adalah hal paling esensial ketika kita ingin memajukan bangsa.” tegasnya

Sementara itu Najwa Shihab menyatakan Keberhasilan dari gerakan Lampung Membaca ini bukan hanya berada ditangan Gubernur, Ketua DPRD, dan Kepala Perpustakaan, tapi berada di tangan kita semua.

“Berhasil tidaknya program ini bukan hanya ada di tangan bapak-bapak yang didepan kita ini, tapi berhasil jika kita semua dapat bergerak membaca.” katanya.

Najwa juga menyampaikan bahwa menumbuhkan minat baca itu harus di biasakan, harus diusahakan, kalau perlu harus dipaksa. “Kalau tadi kata Pak Gubernur Ridho minimal 30 menit sehari, kalau saya cukup 20 menit sehari, 5 menit 4 kali sehari sudah cukup.” paparnya.

Kemudian Kepala Perpustakaan Nasional RI M.Syarif Bando yang juga hadir sebagai narasumber mengapresiasi Gubernur Ridho yang dalam waktu dekat ini akan membangun perpustakaan modern di Lampung. “Saya sangat mengapresiasi Gibernur Ridho, beliau ini Gubernur Kedua se-Indonesia setelah sumbar yang membangun perpustakaan. semoga bukan hanya sekedar perpustakaan, tapi perpustakaan terbaik di Indonesia, dan menjadi tempat strategis yang diminati generasi muda.” katanya.

Dalam kegiatan tersebut diserahkan bantuan satu unit mobil Perpustakaan Keliling dan Buku dari Perpustakaan Nasional RI ke Pemprov Lampung oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI. Kemudian Ridho atas nama Pemprov lampung menyerahkan bantuan berupa 15 unit motor buku keliling kepada Dinas Kearsipan kab/kota di Lampung. Kemudian ada juga penyerahan bantuan buku dari Duta Baca Provinsi Lampung, dan penyerahan buku hasil donasi dari Duta baca Indonesia kepada komunitas baca di Provinsi Lampung. ®Kominfo Lpg


 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan