Gerakan 1000 Tong Sampah Kece Hiasi Bandarjaya dan Gunungsugih

GUNUNGSUGIH – Gerakan 1000 tong sampah ‘Kece’ yang identik dengan Bupati Lamteng Dr. Ir. Hi. Mustafa mulai dipasang pada sejumlah tempat di Kecamatan Terbanggibesar dan Kecamatan Gunungsugih.

Tong sampah ‘Kece’ merupakan salah satu program Bupati Mustafa dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan.
Penempatan tong sampah dilakukan di sepanjang Jalan Lintas Sumatera atau Jalan Proklamator Raya Bandarjaya. Terutama, pada area yang ramai dilalui masyarakat.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lamteng, Drs. Genta Surimuda kepada wartawan disela-sela kegiatannya, belum lama ini.

Menurutnya, Tong sampah satu ini tergolong unik dan beda dari umumnya. Karena terdapat lukisan pada tong dan dicat warna-warni. Sehingga, terdapat unsur seni dan menjadi daya tarik seseorang untuk mendekat.

Kemudian pada sisi tong ada lubang yang berukuran cukup sedang dan berfungsi untuk memasukkan sampah. Menerangkan, konsep lukisan yang berbeda antara satu tong dengan lainnya sengaja dihadirkan. Dengan tujuan, tong sampah mampu bernilai seni ketika ditempatkan di lokasi umum, selain fungsi utamanya sebagai tempat penampungan sampah.

“Iya sengaja dicat oleh pelukis agar enak dipandang dan tentunya dapat bernilai seni. Gambar yang dilukis bermacam-macam dan tidak sama antara satu tong dengan tong yang lain,” kata Genta saat ditemui di work shop tong sampah ‘Kece’, diwilayah kerjanya, belum lama ini.

 

Lebih lanjut dikatakan Genta, Penempatan tong sampah ‘Kece’, berada pada titik-titik yang ramai. Seperti di Kecamatan Terbanggibesar, terutama Jalan Proklamator Raya Bandarjaya ditempatkan di kawasan ruko, rumah makan, dan pusat keramaian lainnya.

Kemudian di Kecamatan Gunungsugih yakni di sekitar area Tugu Pepadun dan Kopiah Emas yang ada di Lapangan Merdeka Gunungsugih.

Tong sampah itu merupakan bantuan dari perusahaan yang ada di Lamteng. Tercatat ada tiga perusahaan yang telah berkontribusi memberikan bantuan tong sampah, yakni PT Gula Putih Mataram, PT Gunung Madu Plantations dan PT

Santori. Total bantuan tong sampah yang telah diterima dari ketiga perusahaan itu sebanyak 500 buah, jelas mantan Kabag Humas Pemkab lamteng ini.

“Kami masih menunggu perusahaan lainnya untuk mendukung program Bupati Mustafa ini. Karena target kita ada seribuan tong sampah yang akan kita tempatkan di sejumlah tempat di Lamteng. Kami juga telah mengirimkan surat kepada perusahaan-perusahaan di Lamteng terkait dengan tong sampah. Tapi, sampai dengan sekarang ini baru tiga yang telah ada realisasinya,” ujar Genta. (*)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan