Genta: Jika Disetujui Kementrian, Tahun Depan Sampah Bisa Dijual

GUNUNGSUGIH – “Tahun depan, semoga proposal kita tentang Bank Sampah dapat disetujui Kementerian Lingkungan Hidup di Jakarta, dengan begitu masyarakat dapat menyetorkan sampah anorganik. Kemudian sampah anorganik yang diterima akan dibayar oleh Bank Sampah.” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lamteng Genta Surimuda, belum lama ini.

Menurutnya, persoalan sampah, baik sampah rumah tangga dan umum, seperti tidak ada habisnya. Menyikapi hal itu, Dinas Lingkungan Hidup (LH) Lamteng berencana membuat Bank Sampah.

Hanya saja, Bank Sampah yang akan dibentuk nantinya hanya menghimpun sampah anorganik dari rumah tangga. Konsep Bank Sampah, yaitu dengan menghimpun sampah anorganik dari masyarakat. Jadi, masyarakat proaktif untuk dapat menyetorkan sampah anorganik. Kemudian sampah anorganik yang diterima akan dibayar oleh Bank Sampah, jelas Genta.

Tujuannya, selain menyadarkan masyarakat untuk membuat sampah pada tempatnya sekaligus menjadikan sampah bernilai ekonomi. Lokasi Bank Sampah direncanakan berada Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Genta Surimudadi Gunungsugih.

Genta Surimuda

“Jika Bank Sampah dapat berkembang akan dibentuk beberapa zona di Lampung Tengah untuk menampung sampah anorganik. Sehingga diharapkan, tidak ada sampah lagi yang dibuang sembarangan dan termanfaatkan dengan baik serta bernilai ekonomi,” kata mantan Kabag Humas Pemkab Lampung Tengah ini saat dikonfirmasi tipikornewsonline.com diruang kerjanya, belum lama ini.

 

Saat ini diketahui, telah dimulai pembangunan reaktor biogas mini di Kecamatan Bandarmataram yang mengandalkan bahan baku dari tandan kosong sawit dan sampah. Hal itu sebagai salah satu upaya dalam pemanfaatan sampah untuk diubah menjadi biogas.

Dan reaktor biogas mini telah disurvei oleh Kementerian Lingkungan Hidup. “Kalau reaktor biogas mini di Bandarmataram sukses, kedepannya daerah lain bisa dikembangkan hal yang sama. Ini mimpi kedepan untuk pengembangan reaktor biogas mini, sama seperti Bank Sampah,” imbuhnya. (rls/Ist)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan