DPRD Metro Segera Sahkan Perda Pemeliharaan dan Pelestarian Budaya Lampung

Ketua Pansus DPRD Metro, Ridhuan Sory Maoen

KOTA METRO – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro, Provinsi Lampung dalam waktu dekat akan segera mengesahkan Perda Pemeliharaan dan Pelestarian Budaya Lampung. Pasalnya, Walikota memiliki kewajiban untuk memelihara dan melestarikan budaya Lampung di daerahnya. Wewenang pemkot menetapkan kebijakan penyelengaraan, pemeliharaan dan pelestarian budaya Lampung selaras dengan kebijakan pembangunan daerah.

Hal tersebut disampaikan Ketua Pansus DPRD Metro, Ridhuan Sory Maoen pada hearing bersama Majelis Penyimbang Adat Lampung dan Dewan Kesenian Lampung serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Olahraga dan Wisata Kota Metro, di Gedung dewan setempat kepada Wartawan, (26/9) kemarin.

Dalam pembuatan perencanaan pembangunan memasukkan unsur-unsur kebijakan pemeliharaan dan pelestarian budaya Lampung. Lalu menetapkan budaya Lampung sebagai budaya lokal Kota Metro.

Termasuk pengalokasian dana penyelenggaraan, pemeliharaan dan pelestarian budaya Lampung. Dijelaskan Ridhuan, beberapa revisi dan penambahan-penambahan serta penetuan ornamen yang berkibalat pada Lampung Pepadun. Untuk menetukan ornamen seperti siger harus berpatokan pada Lampung Pepadun karena sejarahnya Metro merupakan Pepadun. “Sebagai payung hukumnya raperda tersebut telah rampung di bahas oleh pansus DPRD Metro, tinggal pengesahannya lagi,” pungkasnya. ®Adv/Ist

Pansus DPRD Metro, saat hearing bersama Majelis Penyimbang Adat Lampung dan Dewan Kesenian Lampung serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Olahraga dan Wisata Kota Metro, di Gedung dewan setempat, (26/9) kemarin. foto: Istimewa

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan