DPRD Lampung Gelar Hearing Tentang Pungli dan Peredaran Narkoba

BANDAR LAMPUNG – Komisi I DPRD Provinsi Lampung menggelar hearing tentang Pungli dan peredaran Narkoba di Lapas Provinsi Lampung dengan Polda Lampung, Kanwil Kemenhukham dan BNNP, Senin (13/7/2020) diruang rapat Komisi I DPRD Provinsi Lampung.

Hearing yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I Yozi Rizal ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi I Mardani Umar,Anggota Mikdar Ilyas,Azuwansyah, Ismail Djafar, Darlian Pone,Watoni Nurdin, Supriyadi Hamzah dan Muhammad Khadafi.

Selain itu juga dihadiri oleh Direktorat Narkoba Polda Lampung Kombes Pol Adi Purboyo, Kalapas Narkotika Kanwil Kemenhukham Hendsah, dan Kabid Pemberantasan  BBNP Hendri Budiman  serta biro hukum Pemprov Lampung.

Hearing kali ini membahas berbagai hal mulai dari maraknya peredaran Narkoba di tengah masyarakat terutama di Lapas Lampung, Pungli di Lapas serta bagaimana upaya direktorat Narkoba Polda Lampung bersinergi dengan BNNP serta Kanwil Kemenhukham menekan peredaran Narkoba.

Menurut Kalapas Narkotika Kanwil Kemenhukham  Hendsah, ada berbagai program untuk menekan peredaran Narkoba di dalam Lapas. Mulai dari pengamanan didalam Lapas dengan  adanya x-ray,ada  juga tes urin dan juga razia rutin.

Selain itu, ada juga rehabiitasi sosial yang  melibatkan BNNP untuk memulihkan kondisi fisik dan mental.

”Kita akan lakukan penegakkan disiplin,jika ada petugas yang ketahuan membantu bisnis Narkoba di Lapas  akan dipecat , sedangkan untuk terpidana akan dicabut hak bebas bersyaratnya,” katanya.

Soal Pungli di Lapas dalam pemberian hak asimilasi di rutan Way Hui, Kanwil Kemenhukham bersama inspektorat telah memeriksa kasus tersebut. Hasilnya ada penipuan yang mengatasnamakan petugas Lapas dan sudah di tangkap oleh Polresta Bandarlampung.

Sementara itu, ada tiga kejadian peredaran Narkoba di Lapas Way Kanan ada razia internal pada 31 juli 2020 dan  hasilnya diserahkan pada Polres Way Kanan  dan terungkap ada beberapa kamar di dalam Lapas yang  terlibat Narkoba dan diperoleh 7 tersangka.

“Bila ada info yang negatif jangan sungkan melaporkan jika ada pungli di Lapas,” jelasnya. (Adv/ist)


0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan