Dipanggil KPK, Sekkab Lampung Selatan Mangkir

LAMPUNG SELATAN – Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin mangkir dari pemanggilan KPK dalam pemeriksaan terhadap tersangka korupsi APBD Lampung Selatan 2016-2017 dengan tersangka Hermansyah Hamidi (Asisten II Pemkab Lampung Selatan).

Sehingga KPK kembali menjadwalkan pemanggilan terhadap Sekkab Thamrin. Sebelumnya KPK menjadwalkan pemeriksaan Thamrin pada Senin, 26 Oktober 2020.

Namun, Thamrin mangkir dari panggilan lembaga anti rasuah tersebut. Kepada wartawan, Thamrin mengaku tak tahu menahu ada panggilan, bahkan menyebut tak mendapatkan surat panggilan sebagai saksi.

KPK kembali mengagendakan pemanggilan saksiThamrin (Sekda Pemkab Lampung Selatan) dalam perkara Tsk HH (Hermansyah Hamidi), pada Selasa, 3 November 2020,” ujar plt juru bicara KPK Bidang Penindakan, Ali Fikri, Selasa 27 Oktober 2020.

Lembaga anti rasuah tersebut mengultimatum Sekkab Lampung Selatan Thamrin, agar memenuhi panggilan penyidik. “KPK tetap mengingatkan yang bersangkutan agar bersikap kooperatif menghadiri pemanggilan tersebut,” paparnya.

Penyidik KPK masih terus melengkapi berkas perkara tersangka korupsi fee proyek Dinas PUPR Lampung selatan pada APBD 2016-2017. Dalam perkara ini, dua pelaku ditetapkan sebagai tersangka yakni Asisten II Ekobang Pemkab Lampung Selatan Hermansyah Hamidi, dan Kadis PUPR  Syahroni.

Hermansyah Hamidi terlebih dahulu ditetapkan tersangka oleh KPK melalui pernyataan resmi lembaga tersebut pada Kamis 24 September 2020 yang lalu.

Perkara ini, merupakan pengembangan dari operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK pada tahun 2018 yang lalu. Empat pelaku pun sudah divonis, yakni Eks Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, mantan Anggota DPRD Provinsi Lampung Agus Bakti Nugroho, kepala Dinas PUPR Saat itu Anjar Asmara, dan pihak Swasta Gilang Ramadhan. (**)

Berita ini sebelumnya telah ditayangkan di lampost.co dengan judul “Mangkir, KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan Sekkab Lampung Selatan”

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan