Bupati Ronda Hadiri Acara Pujawali

BUMIRATU NUBAN – Kecintaan Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Dr. Ir. Hi. Mustafa terhadap keberagaman seni dan kebudayaan yang berada di kabupaten ini tidak perlu diragukan lagi. Kecintaan tersebut dibuktikan oleh Bupati Mustafa dengan cara mendatangi gelaran adat di berbagai kecamatan.

Seperti halnya pada Sabtu (8/7) malam. Bupati ronda ini mendatangi acara pujawali yang dilakukan oleh umat Hindu di Kecamatan Seputihmataram. Pujawali merupakan tradisi rutin tahunan yang dilakukan umat Hindu dalam menyambut munculnya bulan purnama.

Setelah itu, acara adat di Seputihmataram, Bupati Mustafa melanjutkan agendanya di Kampung Terbanggi Agung, Kecamatan Gunungsugih, malam itu juga. Di kampung ini, ada acara begawi adat oleh masyarakat Lampung.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di Lamteng ini berharap kepada masyarakat agar lebih cinta terhadap adat dan kebudayaan yang ada di Lampung Tengah. “Perbedaan yang ada di tengah masyarakat Lampung Tengah, adalah senjata untuk mempererat persatuan dan kesatuan,” harapnya.

Menurut Bupati, kekayaan Lamteng bukan dari segi pertaniannya saja. Tapi kebudayaan juga adalah kekayaan. Dia meminta kepada masyarakat, terutama tokoh agar tetap menjaga kelestarian budaya yang ada di Lampung Tengah.

“Mari kita jaga kekayaan budaya kita. Kemajuan daerah akan cepat terlaksana ketika kebudayaan ikut bergerak mengawal pembangunan. Dengan budaya, kita akan dikenal secara luas,” pungkasnya. (rls/adv)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan