Bupati Nanang: Kebun Edukasi, Ide dari Pandemi Covid-19

LAMPUNG SELATAN – Berawal dari pandemi COVID-19, munculah ide untuk membuat kebun Edukasi yang semulanya lahan tidur yang tidak pernah dimanfaatkan dengan harapannya bisa menjadi sarana edukasi bagi generasi penerus untuk melestarikan pertanian khususnya perkebunan.

Hal ini dikatakan Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto saat secara resmi membuka lomba mural dalam rangka peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tingkat Kabupaten Lampung Selatan tahun 2020, Rabu (26/8/2020), di Kebun Edukasi yang berada di areal rumah dinas bupati setempat.

Lebih lanjut Bupati Nanang mengatakan, dengan adanya hiasan dinding hasil kegiatan lomba mural diharapkan dapat memperindah Kebun Edukasi. Sehingga keberadaan Kebun Edukasi tersebut bisa menjadi sarana destinasi wisata yang bermanfaat bagi masyarakat.

Selain itu Nanang juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya lomba mural yang memiliki nilai positif tersebut. Menurutnya, selain memberikan wadah bagi para pelaku seni sekaligus dapat memperindah lingkungan khususnya areal Kebun Edukasi di rumah dinas bupati itu.

“Saya tidak menyangka antusias para pesertanya, ini luar biasa. Saya apresiasi kepada tim penyelenggara. Berkat kebersamaan dan gotong royong kita semua, kegiatan ini bisa terlaksana dan berjalan dengan baik,” ujar Nanang.

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten lampung Selatan, Thomas Amrico mengatakan, lomba mural akan diikuti peserta yang terbagi dalam kategori SMP, SMA/SMK, Perguruan Tinggi, dan Umum.

 “Untuk peserta umum ada yang berasal dari Jogya, Palembang, serta kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Setiap peserta akan kita berikan kaos dan topi. Semua tidak dipungut biaya,” ujar Thomas selaku Koordinator Lomba Mural.

Lebih lanjut Thomas menjelaskan, kompetisi dilakukan secara berkelompok dengan jumlah anggota atau tim maksimal untuk tingkat SMP 5 orang, SMA/SMK 4 orang, Perguruan Tinggi 3 orang, dan kategori umum 3 orang.

“Kita siapkan space mural sebanyak 260 bidang. Selain itu kita juga adakan pameran lukisan serta bazar UKM dari PKBM binaan Dinas Pendidikan,” ungkapnya.

Dari kegiatan lomba mural ini, diharapkan dapat menjadi wahana untuk mencetak generasi anak bangsa yang memiliki jiwa seni. “Harapannya disini para generasi muda dapat menuangkan inspirasi dan kreativitasnya melaui goresan dinding,” ungkap Thomas.

Sementara dari pantauan wartawan dilokasi Kegiatan perlombaan seni melukis atau menggambar di atas media dinding itu dimulai dengan lomba tingkat SMP dan SMA/SMK Sederajat. Pembukaan perlombaan itu ditandai dengan goresan pertama dari tangan Bupati Lampung Selatan.

Tampak hadir dalam acara itu jajaran Forkopimda, Wakil Ketua DPRD, Darol Kutni, Sekretaris Daerah Kabupaten, Thamrin beserta Kepala OPD dan Camat se-Lampung Selatan.

Selain itu juga turut hadir juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni serta Ketua DWP Lampung Selatan, Yani Thamrin. (**)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan