Budayakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Rumah Tangga

GUNUNG SUGIH – PHBS di Rumah Tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar sadar, mau dan mampu mempraktikkan PHBS untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya, mencegah resiko terjadinya penyakit dan melindungi diri dari ancaman penyakit serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat.

 

Menurut Kadis Kesehatan Lampung Tengah, Hairul Azman, S. Kep., M. Kes, tatanan rumah tangga sehat dapat diwujudkan dengan perilaku sehat dan lingkungan sehat.

“Perilaku sehat meliputi: Persalinan ditolong oleh petugas kesehatan, mengikuti KB, balita diberikan ASI, balita ditimbang, sarapan pagi dan gosok gigi sebelum tidur,” ujarnya yang didampingi Kabid Dinkes Lamteng, Ratoyo, Skm diruang kerjanya belum lama ini.

lebih lanjut dijelaskannya, Lingkungan sehat meliputi, Tersedia air bersih dan jamban, kesesuaian luas lantai dengan jumlah penghuni serta lantai rumah bukan dari tanah.

Perlunya PHBS di Rumah Tangga adalah, sambung Hairul,
rumah tangga sehat merupakan aset atau modal utama pembangunan di masa depan yang perlu dijaga, ditingkakan dan dilindungi kesehatannya.

 

“Berapa anggota rumah tangga mempunyai masa rawan terkena gangguan berbagai penyakit. Angka kesakitan dan kematian penyakit infeksi dan non infeksi dapat dicegah dengan PHBS,” terangnya.
Tujuannya adalah, Meningkatnya rumah tangga sehat di kabupaten/kota.
Tujuan khusus : Meningkatkan pengetahuan, kemauan dan kemampuan anggota rumah tangga untuk melaksanakan PHBS. Berperan aktif dalam gerakan PHBS di masyarakat.

Serta Manfaat PHBS di Rumah Tangga adalah,
setiap anggota rumah tangga meningkatkan kesejahteraannya dan tidak mudah sakit karena faktor perilaku mempunyai andil dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat (30-35%). Rumah tangga sehat dapat meningkatkan produktifitas kerja anggota rumah tangga. (Edo/ Adv)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan