BPN Balam Kini Lebih Baik, Mujahidin: Cek Urusan Tanah Lebih Mudah

BANDAR LAMPUNG – Pelayanan Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bandar Lampung (Balam) kini lebih baik. Khususnya, untuk mengecek proses pengurusan berkas dan sertipikat tanah masyarakat akan menjadi lebih mudah dan cukup melalui genggaman anda dengan aplikasi berbasis Android Sentuh Tanahku.

“Karena berbasis Android, maka tentu saja Anda harus menggunakan telepon seluler yang berbasis Android. Untuk mendapatkannya, silahkan download melalui Google Play di halaman >>

https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.bpn.sentuh

Hal tersebut disampaikan Kepala BPN Kota Bandar Lampung, Mujahidin melalui Kepala Pelayanan Seksi Hubungan Hukum Pertanahan setempat, Zainal Abidin, di kantor ATR/BPN Kantah Kota Bandar Lampung, Jumat (19/03/2018).

Lebih lanjut Zainal menjelaskan, sebuah aplikasi berbasis Android yang ditawarkan oleh Kementerian Agraria Dan Tata Ruang/ BPN telah direlease sejak tanggal 24 September 2017.  Aplikasi ini sudah didowload dan terinstal lebih dari 1o ribu.

Selain itu, katanya, Jika sertipikat tanah belum terdaftar pada aplikasi, masyarakat dapat melaporkannya langsung melalui aplikasi ini dengan menyertakan informasi rinci sertipikat dan foto bukti sertipikat.

“Untuk dapat menggunakan fitur Info Berkas dan Info Sertipikat, Anda wajib mengkonfirmasikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) ke kantor pertanahan terdekat salah satunya yang ada di Kota Bandar Lampung untuk proses aktifasi,” jelas penanggung jawab loket BPN Bandar Lampung ini.

Lebih jauh Zainal menambahkan, Aplikasi Sentuh Tanahku menyajikan fitur untuk partisipasi plot bidang tanah jika sertipikat tanah Anda belum terdata sebagai persil bidang pada peta yang bisa diperiksa pada fitur Lokasi Bidang Tanah.

“Berbagai informasi syarat-syarat pengurusan pelayanan juga disajikan beserta simulasi biaya yang interaktif sehingga Anda dapat memprediksikan besaran biaya yang diperlukan untuk pengurusan layanan tersebut,” ungkapnya. (TIM)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan