Blangko KTP Habis, Disdukcapil Lamteng Imbau Masyarakat Pakai KTP Sementara

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Lampung Tengah, Sugandi. Foto: Tipikornewsonline

GUNUNGSUGIH, Tipikornewsonline – Ramainya keresahan masyarakat dikarenakan habisnya blangko kosong untuk pembuatan e-KTP dari pusat, Kepala Bidang (Kabid) Pendaftaran Penduduk, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupten Lampung Tengah, Yudairi Hasan, S.sos.,M.Ip menjelaskan, kosongnya blangko tersebut dikarenakan gagal lelang pengadaan blangko di pusat.

Dirinya mengimbau, agar masyarakat tidak perlu khawatir, karena KTP yang sudah habis masa berlakunya tetap dapat dipergunakan hingga seumur hidup. Selain itu bagi masyarakat yang belum memiliki KTP juga dapat mendatangi Disdukcapil untuk mendapatkan KTP sementara.

Sesuai surat edaran dari menteri dalam negeri No : 471.13/12\59/Dukcapil, KTP sementara tersebut dapat dipergunakan berbagai macam hal, diantaranya pembuatan pasport, pengurusan haji, pembuatan rekening bank, dan pendaftaran kerja di perusahaan BUMN dan swasta dan lain-lain.

Menanggapi keluhan masyarakat yang di tolak dalam mencari kerja di perusahaan swasta, menggunakan KTP sementara, Yudairi, juga menghimbau agar perusahaan-perusahaan mentaati peraturan yang di keluarkan pemerintah, terlebih lagi Negara Indonesia merupakan negara hukum, dan peraturan yang dikeluarkan pun sudah jelas.

“Jadi tidak ada alasan perusahaan-perusahaan untuk mengabaikan KTP sementara dan sudah sepatutnya perusahaan tersebut berkoordinasi dengan disdukcapil setempat untuk mendapatkan penjelasan, ungkapnya. (Wirya)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan