Berfungsi Mengurangi Hama Padi Petani Bisa Tanam Bunga Refugia

LAMPUNG TENGAH – Untuk mengurangi Hama Penyakit pada tanaman padi, para petani padi bisa juga untuk mencoba menanam bunga refugia di pematang sawah. Bunga ini berfungsi untuk mengurangi populasi hama.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan TPH Lampung Tengah, bunga refugia terdiri dari beberapa jenis bunga seperti bunga matahari, kenikir, jengger ayam, tapak dara, dan jenis tanaman bunga lainnya yang disebut refugia.

Bunga ini mengeluarkan bau sehingga dihinggapi musuh alami atau pemangsa hama tanaman (predator, dan parasitoid). Seperti serangga, laba-laba, capung, tawon, dan binatang lainnya yang akan memangsa hama tanaman seperti hama ulat, wereng batang coklat, hama putih palsu, dan jenis hama lainnya.

“Karena itu kita harapkan petani menggalakan penamaman refugia untuk menekan populasi hama pada tanaman padi,” ungkap Muliwan kepada Tipikor News, belum lama ini.

Muliwan mengatakan pemanfaatan musuh alami untuk mengendalikan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) ini, lebih efektif, efesien, dan berdampak baik terhadap lingkungan.

Selain itu juga dapat mengurangi penggunaan pestisida, kecuali populasi hama sudah mencapai ambang kendali diperbolehkan menggunakan pestisida, jelasnya. (Nov/Adv)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan