Antisipasi Penyimpangan Anggaran, Pemkab Lamteng Akan Menerapkan Sistem Transaksi Nontunai

GUNUNGSUGIH – Mengurangi penyimpangan anggaran yang mungkin bisa terjadi dan akan memudahkan dalam proses pencatatan dan pelaporan, serta dalam rangka mendukung Kebijakan nasional dari Menteri Keuangan, Pemkab Lampung Tengah (Lamteng) akan menerapkan sistem transaksi non tunai pada semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Kebijakan nasional dari Menteri Keuangan ini mulai efektif berlaku 1 Juanari 2018. Melalui sistem transaksi non tunai, akan memudahkan dalam proses pencatatan dan pelaporan serta mengurangi penyimpangan yang mungkin bisa terjadi.

“Kalau misalnya ada penyimpangan bisa dengan mudah terlacak dan pegawai jadi tahu berapa honor yang didapatnya. Kemudian honor yang diterima pegawai sudah dipotong pajak. Dan ini memudahkan pegawai untuk melaporkan SPT tahunan,” ujar Adi Erlansyah, Sekretaris Kabupaten Lampung Tengah, Senin (7/8/2017).

Dijelaskannya, Uji coba penerapan transaksi nontunai ini pihaknya akan menerapkan mulai pada Oktober mendatang. Tahap awal uji coba transaksi non tunai dilakukan pada beberapa SKPD, salah satunya Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

“Tapi uji coba dilakukan untuk beberapa item dulu, misalkan pada uji coba pertama nanti, kita lakukan untuk pembayaran gaji dan honor pegawai. Ini yang kita berlakukan duluan. Nanti kita kembangkan lagi untuk transaksi pihak ketiganya. Kalau pos dari APBD kan sudah non tunai semua. Seperti pembayaran rekanan atau kontraktor sudah melalui rekening bank,” jelas Adi.

Tak hanya pembayaran gaji dan honor pegawai, transaksi nontunai juga diterapkan pada pos belanja SKPD. Misalkan untuk membeli alat tulis kantor (ATK) atau fotokopi. Pemilik usaha fotokopi harus memiliki rekening bank untuk melakukan transaksi pembayaran.

“Kalau sekarang fotokopi masih memakai uang tunai. Nanti kalau mau fotokopi, pemilik usaha fotokopi harus punya rekening bank meski nilai transaksi hanya Rp50 ribu. Jadi, semua sudah melalui akses perbankan,” ujar Adi.

Pemkab Lamteng telah menyosialisasikan transaksi non tunai ini ke SKPD. Sebagai persiapan, pegawai yang ada di SKPD harus membuka rekening tabungan lebih dulu. Karena dalam uji coba nanti per 1 November 2017 pembayaran gaji dan  honor dilakukan melalui rekening bank.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan