Ajari Anak Cuci Tangan

GUNUNGSUGIH, tipikornewsonline.com – Meskipun terlihat sederhana dan kerap disepelekan, manfaat sesungguhnya dari penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan cuci tangan pakai sabun (CTPS) tidak dapat dianggap remeh.

Hal inilah yang diungkapkan Kadis Kesehatan Lampung Tengah, Khairul, SKM, saat ditemui wartawan, diruang kerjanya, belum lama ini.

Dikatakan Khairul, pentingnya menanamkan perubahan perilaku sehat pada anak usia dini. Sebuah tindakan sederhana, mencuci tangan dengan sabun dapat mencegah penyakit dan kematian.

“Saya harap ini dapat memberikan dampak positif dan mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih sehat dan higienis,” katanya.

Cuci Tangan Pakai Sabun merupakan meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun. Cara ini dinilai efektif, mudah, dan terjangkau untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa.

“Cuci tangan menggunakan sabun adalah salah satu cara paling murah untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan diare,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah, Khairul, SKM.

Selain itu, CTPS disekolah juga penting, ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dan siswi, guru, penjaga sekolah, dan orangtua siswa tentang pentingnya PHBS.

Disebutkannya, penerapan PHBS itu sangat penting bagi sekolah. Karena banyak manfaat yang dirasakan yaitu terciptanya sekolah yang bersih dan sehat sehingga siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah terlindungi dari berbagai ganggungan dan ancaman penyakit.

“Mencuci tangan mengunakan sabun dapat membersihakan kotoran dan membunuh kuman penyakit yang ada di tangan. Untuk itu, saya mengajak agar anak-anak bisa menerapkan kegiatan ini d rumah dan kehidupan sehari-hari,” pungkas Kadis Khairul. (Nov)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan