7 Langkah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)

LAMPUNG TENGAH – Sehat menjadi anugerah terbesar untuk manusia dalam menjalani kehidupan. Manusia ditakdirkan untuk terus berusaha sehat agar bisa melaksanakan aktivitas sehari-hari. Namun, risiko sakit akan selalu membayangi.

Salah satu penyebab sakit adalah pola gaya hidup manusia itu sendiri. Seiring perkembangan zaman dan teknologi yang semakin memudahkan manusia menjalani aktivitasnya, terdapat risiko apabila kita terlalu dimanjakan oleh fasilitas tersebut. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Lampung Tengah, Hairul Azman yang didampingi Kepala Bidang Kesmas, Ratoyo kepada wartawan diruang kerjanya, Gunung Sugih, baru-baru ini.

Lebih lanjut dikatakannya, kemajuan teknologi yang memungkinkan aktivitas kita berada dalam genggaman, contohnya, lapar tinggal klik aplikasi, bersih-bersih rumah tinggal klik aplikasi juga; hal ini membuat manusia kurang melakukan aktivitas fisik. Manusia tipe ini bisa dipastikan juga malas berolahraga.

Terlebih jika kurang mengkonsumsi buah dan sayur atau sering mengonsumsi makanan gorengan dan berlemak, akan meningkatkan risiko penyakit dalam tubuh. Lalu bagaimana cara kita hidup sehat, tanya Ratoyo.

“Program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang digagas Kementrian Kesehatan setidaknya ada 7 langkah yang bisa dilakukan masyarakat dalam rangka membiasakan pola hidup sehat. Diantaranya, pertama melakukan Aktivitas Fisik, mengonsumsi Sayur dan Buah, Tidak Merokok, Tidak Mengonsumsi Alkohol, Memeriksa kesehatan Secara Rutin, Membersihkan Lingkungan, dan Menggunakan Jamban,” urainya.

Mungkin terdengar aneh, sambung Ratoyo, tapi faktanya masih banyak daerah di Indonesia yang tidak menggunakan jamban sebagai tempat pembuangan. Penduduk tersebut masih banyak yang menggunakan sungai sebagai aktivitas mencuci pakaian, mencuci piring, mandi, pun buang air besar. Tentunya hal ini menimbulkan risiko penyakit yang diakibatkan oleh kuman.

Dari 7 kegiatan Germas di atas, 3 kegiatan menjadi fokus utama Dinas Kesehatan Lampung Tengah. Melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi buah dan sayur serta memeriksa kesehatan secara berkala adalah yang diutamakan pada gerakan tahun 2017 ini.
“Tujuan Germas adalah untuk hidup sehat. Hidup sehat ini berdampak pada banyak hal seperti kesehatan terjaga, aktivitas semakin produktif, lingkungan bersih dan tentunya biaya berobat akan berkurang. Oleh karenanya, mari kita laksanakan langkah germas mulai dari diri kita sendiri dan lingkungan terdekat kita,” tutup Ratoyo.  ®Adv

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan