Nenanti Terobosan Nadiem Makarim

Menanti berbagai terobosan yang akan dilakukan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim. Khususnya, inovasi dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang lebih berkualitas.

Sri Mulyani mengatakan terobosan tersebut dapat dilakukan melalui pengelolaan anggaran pendidikan yang lebih efektif. Hal itu penting agar tercipta pemerataan kualitas pendidikan di setiap daerah.

“Mungkin kita akan melihat bagaimana inisiatif beliau dalam mengefektifkan belanja-belanja pendidikan yang sebagian besar dalam bentuk DAK non fisik untuk bantuan operasional sekolah,” katanya seperti dikutip dari Antara, Jumat, 15/11/2019.

Untuk itu, ia berharap Nadiem bisa segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) agar dana alokasi khusus (DAK) non fisik tersebut dapat dikelola dengan optimal.

“Kami berharap nanti Mendikbud bisa komunikasi dengan daerah terkait penggunaan anggaran pendidikan melalui DAK non fisik,” ujarnya.

Melalui pengelolaan DAK non fisik yang baik pada sektor pendidikan, upaya penciptaan SDM yang berdaya saing tinggi bisa optimal.

“Presiden saja enggak sabar karena merasa negara lain maju lebih cepat. Jangan lupa Indonesia maju hanya bisa terjadi kalau manusianya memiliki pendidikan, pengetahuan, skill, dan karakter etos kerja yang baik,” tegasnya.

Sebagai informasi, tahun depan, pemerintah menganggarkan DAK non fisik sebesar Rp130,3 triliun atau naik 3,7 persen dari 2019.  Anggaran ini merupakan tambahan dana dari APBN bagi daerah untuk membiayai kegiatan di luar pembangunan fisik seperti kesehatan, pariwisata, termasuk pendidikan. (Ant)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan