M Fauzi: Sejak Didampingi Pak Junaidi, Aset Gapoktan Margo Rukun Meningkat

JABUNG, LAMPUNG TIMUR | Pada akhir tahun 2008 lalu, desa Mumbang Jaya, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur mendapatkan dana Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) Rp 100 juta.

Dalam laporan ketua Gapoktan Margo Rukun, Desa Mumbang Jaya, M Fauzi mengatakan, pada tahun tersebut umumnya petani meminjam pupuk dengan tengkulak, dengan perhitungan modal pinjaman Rp 1 Juta berupa pupuk dalam waktu 6 bulan menjadi Rp 1,6 juta.

BACA JUGA :

Lebih lanjut dikatakannya, dengan adanya dana PUAP yang dikelola oleh Gapoktan dan kelompok tani yang selalu didampingi Junaidi (Kades Mumbang Jaya periode 2007-2013), maka aktifitas tengkulak berhenti.

“Sehingga aset Gapoktan sampai dengan per November 2019, berupa dana di kelompok tani senilai Rp 243.319.350,” kata M Fauzi saat Musrembangdes tahun 2019/2020, di balai Desa Mumbang Jaya belum lama ini.

Para petani Desa di Desa Mumbang Jaya, Kecamatan Jabung saat menghadiri Musrembangdes tahun 2019/ 2020, di balai desa setempat belum lama ini.

Kemudian, sambungnya, diharapkan untuk kedepan, Gapoktan kita akan lebih baik lagi sehingga akan membantu para petani yang berada didesa Mumbang Jaya, harapnya.

Tampak hadir dalam rapat pengurus Gapoktan Margo Rukun tersebut, Kades Mumbang Jaya, Hj. Ratna Basuki, Ketua Gapoktan M Fauzi, Ketua Kelompok Tani serta para petani setempat. (TIM)

VIDEO PILIHAN

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *